FESTIVAL PAGER GESEK

PAGER GESEK 2016 SRIKANDANG BANGSRI JEPARA

Pager Gesek merupakan Kirab Budaya masyarakat Desa Srikandang Kec Bangsri Kabupaten Jepara yang melestarikan tradisi memagari rumah dengan gesek (ikan teri kering digoreng tepung) yang ditusuk bambu dan ujungnya di beri tangkai daun pepaya wulung (pepaya warna hitam) kemudian ditancapkan disekeliling rumah warga.

Prosesi penancapan Pagar Gesek diiringi dengan doa oleh pemuka agama setempat untuk memberi nilai kearifan lokal berlandaskan unsur keagamaan yang mayoritas islam. Dan yang menjadi puncak acara adalah makan bersama asahan (makanan yang di sajikan diatas daun), semua lapisan masyarakat duduk bersama menyantap asahan tanpa memandang setatus sosial.

Adapun rencana acara Pager Gesek akan dilaksanakan 2 tahun sekali ditempat yang sama yaitu di Mbale Romo (Balai Rama) yang berada di dukuh Ngemping Desa Srikandang.

Sebuah awal yang diharapkan mampu membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar untuk menjadi semakin lebih baik dengan kembali melihat sejarah masa lalunya. Sejarah indah pernah ada dan ini moment generasi berikutnya untuk menciptakan sejarahnya sendiri.

#indahnya_desaku

#kirabbudaya #culture #desa #jeparamempesona#jepara #visitjateng

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan